Kamis, 23 Januari 2014

RPP kelas X

RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Satuan Pendidikan      : SMK NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran          : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semister          : X / 2 Genap
Tahun Pelajaran         : 2013 / 2014


I.         Jumlah minggu dalam semester  2 (genap)
NO.
BULAN
JUMLAH MINGGU
1
2
3
4
5
6
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
5
4
4
5
4
5
Jumlah
27
II.      Jumlah minggu tidak efektif dalam semester  2 (genap)
NO.
KEGIATAN
JUMLAH MINGGU
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Libur Semester
Libur Umum
Jedah Semister
Ulangan Semester
Persiapan Penerima Rapor
Libur Semester
1
1
3
2
1
2
Jumlah
10

III.     Jumlah minggu dalam semester 
Jumlah minggu dalam semester  2 - Jumlah minggu tidak efektif dalam semester  2
= 27 minggu – 10 minggu
= 17 minggu efektif                                                                                                         
                                                                                         Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo




Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010

Guru Mengajar




Sanita Wahyuni S.Pd

PROGRAM TAHUNAN

NamaSekolah           :  SMK NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran          :  IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester         :  X / 2
Tahun Pelajaran        :  2013/2014

MATERI POKOK
Alokasi Waktu
(Minggu)
Jumlah Jam Pelajaran
(JP)

SEMESTER I





1.1  Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
1.2  Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
1.3  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
1.4  Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah

Ulangan Harian 3 x 6  JP


3
5

1
4


6 JP
10 JP

2 JP
8 JP

JUMLAH
13
26 JP
                                                                                                                               
MATERI POKOK
Alokasi Waktu
(Minggu)
Jumlah Jam Pelajaran
(JP)
SEMESTER II

1.5  Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
2.1.  Mengidentifikasi kebutuhan manusia
2.2.  Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
2.3.  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.

Ulangan Harian 3 x 6  JP


3


3
2

2


6 JP


6 JP
5 JP

5 JP

JUMLAH
10
22 JP

Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo



Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010

Guru Mengajar



Sanita Wahyuni S.Pd

PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan                  : SMK NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran                      : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas                                       : X / 2 Genap

Materi Pokok /
Kompetensi Dasar
JMB
Jam
B U L A N
KET.
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5

1.  Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
*     Mengidentifikasi paham-paham yg melatarbelakangi munculnya pergerakan nasilonal
*     Mendeskripsikan perkembangan beberapa gerakan nasional di Asia
*    Menjelaskan terbentuknya gerakan nasionalisme di Indonesia

2.  Mengidentifikasi kebutuhan manusia
*     Menjelaskan pengertian kebutuhan
*     Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan
*     Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan

3.  Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
*     Menganalisa ketersediaan barang dan jasa
*     Mengidentifikasi kelangkaan sesuai faktor penyebabnya

4.  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
*     Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi
*      Mengidentifikasi sistem ekonomi
4 Jam





























6 Jam














4 Jam














4 Jam












ü





ü
















ü




ü





















ü































ü

ü































ü

ü

































ü













































ü













































ü


ü















































ü











ü





























































ü


ü































































ü































































ü










Keterangan :

Libur umum

Pesantren Kilat

Ulangan Semister







Ulangan Harian  

Libur Bulan Ramadhan

Pembagian Rapor







Libur Semister     
ü
Kegiatan Pembelajaran    

Cadangan Waktu







Kegiatan Mos

Remedial



Barebbo, 06 Januari 2014

Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo




Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010

Guru Mengajar




Sanita Wahyuni S.Pd

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PENDIDIKAN ILMU PENGETAUAN SOSIAL
( IPS )
KELAS XII SEMESTER 1 GANJIL
SMK NEGERI 1 BAREBBO

STANDAR ISI
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
NILAI KKM
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar & Indikator
Kompleksitas
Sarana
Pendukung
Inteke
Siswa
1.
Memahami kehidupan sosial manusia 
1.1.  Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
1.1.1   Mengidentifikasi paham-paham yg melatarbelakangi munculnya pergerakan nasilonal
1.1.2   Mendeskripsikan perkembangan beberapa gerakan nasional di Asia
1.1.3   Menjelaskan terbentuknya gerakan nasionalisme di Indonesia







65



65


66






70



70


70






75



75


74






70



70


70
1.2.  Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2.1      Menjelaskan pengertian kebutuhan
1.2.2      Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan
1.2.3      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan



64

64

65


70

70

70


76

76

75


70

70

70
1.3     Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3.1        ketersediaan barang dan jasa
1.3.2        Mengidentifikasi kelangkaan sesuai faktor penyebabnya






65

65




70

70




75

75




70

70
1.4     Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
1.4.1   Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi
1.4.2   Mengidentifikasi sistem ekonomi






64

65





70

70





76

75





70

70

Barebbo, 06 Januari 2014

Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo




Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010

Guru Mengajar




Sanita Wahyuni S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
 ( RPP )

Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Barebbo
Mata Pelajaran                   :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                  :  X / 2
Standar Kompetensi          :  2. Memahami proses kebangkitan nasional.
Alokasi Waktu                   :  6  x 45 menit ( 3 x pertemuan )

A.       Kompetensi Dasar
2.1.  Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan     pergerakan kebangsaan Indonesia

B.       Indikator
Ø  Menjelaskan faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal
Ø  Menjelaskan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
Ø  Menjelaskan bentuk dan strategi organisasi pergerakan di indonesia
Ø  Menjelaskan gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan indonesia

C.       Materi Pelajaran
Ø  Faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal
Ø  Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
Ø  Bentuk dan strategi organisasi pergerakan di indonesia
Ø  Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan indonesia

D.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, Diharapkan siswa mampu :
Ø  Menjelaskan faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal
Ø  Menjelaskan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
Ø  Menjelaskan bentuk dan strategi organisasi pergerakan di indonesia
Ø  Menjelaskan gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan indonesia

E.       Karakter siswa yang diharapkan :        
Ø  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ø  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Ø  Tekun ( diligence )
Ø  Jujur ( fairnes )
Ø  Kewarganegaraan ( citizenship)


F.        Metode Pembalajaran
Ø  Ceramah
Ø  Diskusi kelas
Ø  Tanya jawab
Ø  Kerja mandiri
Ø  Informasi

G.      Sumber Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø  Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
Ø  Internet
Ø  Kamus ekonomi
Ø  Artikel, gambar dari berbagai media massa

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1           Kegiatan Pendahuluan
-            Sebagai apersepsi, Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian kelas)
-            Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal

2           Kegiatan Inti :
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-            Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal
-            Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal
-            Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-            Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-            Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-            Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-            Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-            Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-            Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3           Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-            Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-            Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-            Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan menjelaskan faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal

Pertemuan II
1.        Kegiatan Pendahuluan
-            Sebagai apersepsi, Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian kelas)
-            Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya mengetahui perkembangan pendidikan awal munculnya kesadaran nasional

2.        Kegiatan Inti :
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-            Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan bentuk perkembangan pendidikan awal munculnya kesadaran nasional
-            Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai bentuk perkembangan pendidikan awal munculnya kesadaran nasional
-            Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan bentuk perkembangan pendidikan awal munculnya kesadaran nasional

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-            Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-            Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-            Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-            Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.        Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-            Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-            Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-            Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan bentuk perkembangan pendidikan awal munculnya kesadaran nasional.

Pertemuan III
1.        Kegiatan Pendahuluan
-            Sebagai apersepsi, Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian kelas)
-            Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya mengetahui bentuk strategi organisasi pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas kebangsaan indonesia.

2.        Kegiatan Inti :
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-            Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan bentuk strategi organisasi pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas kebangsaan indonesia.
-            Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai bentuk strategi organisasi pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas kebangsaan indonesia.
-            Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan bentuk strategi organisasi pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas kebangsaan indonesia.

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-            Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-            Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-            Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-            Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
-             
Ø Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.        Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-            Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-            Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-            Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan bentuk strategi organisasi pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas kebangsaan indonesia.

I.         Penilaian Hasil Belajar
Ø  Jenis dan Bentuk Tes
1.        Tes Lisan
2.        Tes Tertulis
-     Essay

E s s a y

1.         Uraikan faktor eksternal (dari luar) yang mempengaruhi lahirnya pergerakan nasional!
2.         Jelaskan faktor internal yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional?
3.         Jelaskan bentuk strategi organisasi pergerakan di indonesia
4.         Sebutkan tokoh-tokoh penghimpunan indonesia!
5.         Apakah yang dimaksud dari organisasi pemuda trikoro dharmo?

Berikut ini format penilaian
Indikator
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Alasan
Penilaian
Pengetahuan tentang topik yang diangkat




Ada pendapat pribadi yangdisertai dengan pembuktian melalui contoh kasus




Urutan gagasan dalam artikel disajikan secaa teratur




Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




Nilai rata-rata




Komentar

Keterangan
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 85
Baik
3
75 – 80
Cukup
2
65-70
Kurang
1
< 55

Diskusi Kelas
No
Elemen yang dinilai
Skor maksimal
Penilaian
Peserta didik
Pendidik
1
Seluruh perhatian diarahkan pada materi diskusi
20


2
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
20


3
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
20


4
Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
20


5
Menghargai saran dan pendapat sesamateman peserta diskusi
20


Sekor
100



           x 100 
Barebbo, 06 Januari 2014

Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo



Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010

Guru Mengajar



Sanita Wahyuni S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
 ( RPP )

Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Barebbo
Mata Pelajaran                   :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                  :  X / 2
Standar Kompetensi          :  3. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusaia , kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi Waktu                   :  6  x 45 menit (3 x pertemuan )

A.       Kompetensi Dasar
2.2     Mengidentifikasi kebutuhan manusia

B.       Indikator
Ø  Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
Ø  Menjelaskan  macam-macam  kebutuhan
Ø  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia

C.       Materi Pelajaran
Ø  Pengertian kebutuhan
Ø  Macam-macam  kebutuhan
Ø  Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia

D.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, Diharapkan siswa mampu :
Ø  Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
Ø  Menjelaskan  macam-macam  kebutuhan
Ø  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia

E.       Karakter siswa yang diharapkan :        
Ø  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ø  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Ø  Tekun ( diligence )
Ø  Kerja keras
Ø  Kewarganegaraan ( citizenship )

F.        Metode Pembalajaran
Ø  Ceramah
Ø  Diskusi kelas
Ø  Tanya jawab
Ø  Kerja mandiri
Ø  Informasi



G.      Sumber Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø  Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
Ø  Internet
Ø  Kamus ekonomi
Ø  Artikel, gambar dari berbagai media massa

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
4           Kegiatan Pendahuluan
-            Sebagai apersepsi, Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian kelas)
-            Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang kebutuhan dan macam-macam kebutuhan

5           Kegiatan Inti :
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-            Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati pengertian kebutuhan dan macam-macam kebutuhan
-            Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai kebutuhan dan macam-macam kebutuhan
-            Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan kebutuhan dan macam-macam kebutuhan

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-            Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-            Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-            Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-            Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Ø Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-            Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-            Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
-             

6           Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-            Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-            Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-            Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan kebutuhan dan macam-macam kebutuhan

Pertemuan II
1.        Kegiatan Pendahuluan
-            Sebagai apersepsi, Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian kelas)
-            Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan

2.        Kegiatan Inti :
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-            Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
-            Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
-            Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-            Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-            Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-            Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-            Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Ø Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.        Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-            Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-            Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-            Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan

H.      Penilaian Hasil Belajar
Ø  Jenis dan Bentuk Tes
3.        Tes Lisan
4.        Tes Tertulis
-     Essay

E s s a y

1.         Jelaskan pengertian kebutuhan?
2.         Mengapa dalam kebutuhan manusia kita harus mendahulukan kontak primer?
3.         Jelaskan faktor  yang mempengaruhi kebutuhan manusia ditinjau dari faktor pendidikan
4.         Berikan contoh faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia dari segi pendapatan
5.         Jelaskan macam-macam kebutuhan manusiaberdasarkan waktunya?

Berikut ini format penilaian
Indikator
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Alasan
Penilaian
Pengetahuan tentang topik yang diangkat




Ada pendapat pribadi yangdisertai dengan pembuktian melalui contoh kasus




Urutan gagasan dalam artikel disajikan secaa teratur




Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




Nilai rata-rata




Komentar

Keterangan
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 85
Baik
3
75 – 80
Cukup
2
65-70
Kurang
1
< 55

Diskusi Kelas
No
Elemen yang dinilai
Skor maksimal
Penilaian
Peserta didik
Pendidik
1
Seluruh perhatian diarahkan pada materi diskusi
20


2
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
20


3
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
20


4
Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
20


5
Menghargai saran dan pendapat sesamateman peserta diskusi
20


Sekor
100




           x 100 

Barebbo, 06 Januari 2014

Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo



Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010

Guru Mengajar



Sanita Wahyuni S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
 ( RPP )

Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Barebbo
Mata Pelajaran                   :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                  :  X / 2
Standar Kompetensi          :  3. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusaia , kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi Waktu                   :  5  x 45 menit ( 2 x pertemuan )

A.       Kompetensi Dasar
3.2   Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langkah dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

B.       Indikator
Ø  Menganalisa ketersediaan barang dan jasa
Ø  Mengidentifikasi kelangkaan sesuai faktor penyebabnya

C.       Materi Pelajaran
Ø  Ketersediaan barang dan jasa
Ø  Kelangkaan

D.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, Diharapkan siswa mampu :
Ø  Menganalisa ketersediaan barang dan jasa
Ø  Mengidentifikasi kelangkaan sesuai faktor penyebabnya

E.       Karakter siswa yang diharapkan :        
Ø  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ø  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Ø  Tekun ( diligence )
Ø  Jujur ( fairnes )
Ø  Kewarganegaraan ( citizenship )

F.        Metode Pembalajaran
Ø  Ceramah
Ø  Diskusi kelas
Ø  Tanya jawab
Ø  Kerja mandiri
Ø  Informasi

G.      Sumber Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø  Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
Ø  Internet
Ø  Kamus ekonomi
Ø  Artikel, gambar dari berbagai media massa

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
7           Kegiatan Pendahuluan
-            Sebagai apersepsi, Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian kelas)
-            Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya mengetahui  ketersediaan barang dan jasa, serta faktor penyebab kelangkaannya

8           Kegiatan Inti :
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-            Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati ketersediaan barang dan jasa, serta faktor penyebab kelangkaannya
-            Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai ketersediaan barang dan jasa, serta faktor penyebab kelangkaannya
-            Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan ketersediaan barang dan jasa, serta faktor penyebab kelangkaannya

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-            Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-            Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-            Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-            Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Ø Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-            Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-            Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

9           Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-            Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-            Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-            Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan mengetahui  ketersediaan barang dan jasa, serta faktor penyebab kelangkaannya

I.         Penilaian Hasil Belajar
Ø  Jenis dan Bentuk Tes
5.        Tes Lisan
6.        Tes Tertulis
-     Essay

E s s a y

1.         Jelaskan perbedaan antara barang produksi dan barang komsumsi
2.         Jelaskan pengertian kelangkaan menurut ilmu konomi
3.         Sebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan

Berikut ini format penilaian
Indikator
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Alasan
Penilaian
Pengetahuan tentang topik yang diangkat




Ada pendapat pribadi yangdisertai dengan pembuktian melalui contoh kasus




Urutan gagasan dalam artikel disajikan secaa teratur




Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




Nilai rata-rata




Komentar

Keterangan
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 85
Baik
3
75 – 80
Cukup
2
65-70
Kurang
1
< 55

Diskusi Kelas
No
Elemen yang dinilai
Skor maksimal
Penilaian
Peserta didik
Pendidik
1
Seluruh perhatian diarahkan pada materi diskusi
20


2
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
20


3
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
20


4
Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
20


5
Menghargai saran dan pendapat sesamateman peserta diskusi
20


Sekor
100




           x 100 

Barebbo, 06 Januari 2014

Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo




Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010

Guru Mengajar




Sanita Wahyuni S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
 ( RPP )

Nama Sekolah                   :  SMK Negeri 1 Barebbo
Mata Pelajaran                   :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                  :  X / 2
Standar Kompetensi          : 1.  Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Alokasi Waktu                   :  5 x 45 menit (2 x pertemuan )

A.       Kompetensi Dasar
3.3.  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi

B.       Indikator
Ø  Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi
Ø  Mengidentifikasi sistem ekonomi

C.       Materi Pelajaran
Ø  Masalah pokok ekonomi
Ø  Sistem ekonomi

D.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, Diharapkan siswa mampu :
Ø  Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka dan mendiskusikan tentang masalah pokok ekonomi
Ø  Secara berkelompok menggali informasi dan mendiskusikan tentang sistem ekonomi

E.       Karakter siswa yang diharapkan :        
Ø  Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ø  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Ø  Tekun ( diligence )
Ø  Jujur ( fairnes )
Ø  Kewarganegaraan ( citizenship )

F.        Metode Pembalajaran
Ø  Ceramah
Ø  Diskusi kelas
Ø  Tanya jawab
Ø  Kerja mandiri
Ø  Informasi

G.      Sumber Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø  Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
Ø  Internet
Ø  Kamus ekonomi
Ø  Artikel, gambar dari berbagai media massa

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
10       Kegiatan Pendahuluan
-            Sebagai apersepsi, Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian kelas)
-            Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya masalah pokok ekonomi

11       Kegiatan Inti :
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-            Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati masalah pokok ekonomi
-            Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai pengertian masalah pokok ekonomi
-            Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan masalah pokok ekonomi

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-            Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-            Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-            Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-            Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Ø Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-            Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-            Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

12       Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-            Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-            Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-            Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan masalah pokok ekonomi

Pertemuan II
1.        Kegiatan Pendahuluan
-            Sebagai apersepsi, Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian kelas)
-            Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya sistem ekonomi

2.        Kegiatan Inti :
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-            Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati sistem ekonomi
-             Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai sistem ekonomi
-             Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan sistem ekonomi

Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-            Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-            Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-            Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-            Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-            Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-            Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
-            Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Ø Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.        Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-            Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-            Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-            Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan sistem ekonomi
-             

J.      Penilaian Hasil Belajar
Ø  Jenis dan Bentuk Tes
7.        Tes Lisan
8.        Tes Tertulis
-     Essay

E s s a y

1.         Sebutkan tiga ciri-ciri sistem ekonomi tradisional
2.         Jelaskan masalah produksi dalam teori ekonomi aliran klasik
3.         Sebutkan tiga ciri sistem ekonomi campuran
4.         Bagaimana cara menyelesaikan masalah prekonomian mengenai apa yang harus di produksi dalam sistem ekonomi sosialis
5.         Sebutkan segi negatif sistem ekonomi terpusat


Berikut ini format penilaian
Indikator
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Alasan
Penilaian
Pengetahuan tentang topik yang diangkat




Ada pendapat pribadi yangdisertai dengan pembuktian melalui contoh kasus




Urutan gagasan dalam artikel disajikan secaa teratur




Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




Nilai rata-rata




Komentar

Keterangan
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 85
Baik
3
75 – 80
Cukup
2
65-70
Kurang
1
< 55

Diskusi Kelas
No
Elemen yang dinilai
Skor maksimal
Penilaian
Peserta didik
Pendidik
1
Seluruh perhatian diarahkan pada materi diskusi
20


2
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
20


3
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
20


4
Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
20


5
Menghargai saran dan pendapat sesamateman peserta diskusi
20


Sekor
100




           x 100 

Barebbo, 06 Januari 2014

Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo




Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010

Guru Mengajar




Sanita Wahyuni S.Pd




Tidak ada komentar:

Posting Komentar