RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semister : X / 2 Genap
Tahun Pelajaran : 2013 / 2014
|
I.
Jumlah minggu dalam semester 2 (genap)
NO.
|
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
1
2
3
4
5
6
|
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
|
5
4
4
5
4
5
|
Jumlah
|
27
|
II.
Jumlah minggu tidak efektif dalam
semester 2 (genap)
NO.
|
KEGIATAN
|
JUMLAH MINGGU
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Libur
Semester
Libur
Umum
Jedah
Semister
Ulangan
Semester
Persiapan
Penerima Rapor
Libur
Semester
|
1
1
3
2
1
2
|
Jumlah
|
10
|
III.
Jumlah
minggu dalam semester
Jumlah minggu dalam
semester 2 - Jumlah minggu tidak efektif
dalam semester 2
= 27 minggu – 10 minggu
= 17 minggu efektif
Barebbo,
06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo
Drs. H Muhammad
Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010
|
Guru Mengajar
Sanita Wahyuni S.Pd
|
PROGRAM TAHUNAN
NamaSekolah : SMK NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 2013/2014
MATERI POKOK
|
Alokasi Waktu
(Minggu)
|
Jumlah Jam Pelajaran
(JP)
|
|
SEMESTER I
|
1.1 Mengidentifikasi
interaksi sebagai proses sosial
1.2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
1.3
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
1.4
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan
imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
Ulangan
Harian 3 x 6 JP
|
3
5
1
4
|
6 JP
10 JP
2 JP
8 JP
|
JUMLAH
|
13
|
26 JP
|
|
MATERI POKOK
|
Alokasi Waktu
(Minggu)
|
Jumlah Jam Pelajaran
(JP)
|
|
SEMESTER II
|
1.5 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional,
identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
2.1. Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
2.2. Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
2.3. Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang
dan jasa diproduksi.
Ulangan
Harian 3 x 6 JP
|
3
3
2
2
|
6 JP
6 JP
5 JP
5 JP
|
JUMLAH
|
10
|
22 JP
|
|
Barebbo, 06 Januari
2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMKN 1 Barebbo
Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010
|
Guru
Mengajar
Sanita Wahyuni S.Pd
|
PROGRAM
SEMESTER
Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran :
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas : X / 2 Genap
Materi
Pokok /
Kompetensi
Dasar
|
JMB
Jam
|
B U L A N
|
KET.
|
|||||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|||
1. Menguraikan
proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
Mengidentifikasi paham-paham yg melatarbelakangi
munculnya pergerakan nasilonal
Mendeskripsikan perkembangan beberapa gerakan nasional
di Asia
Menjelaskan terbentuknya gerakan nasionalisme di Indonesia
2. Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
Menjelaskan pengertian kebutuhan
Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan
3. Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Menganalisa ketersediaan barang dan jasa
Mengidentifikasi kelangkaan sesuai faktor
penyebabnya
4. Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang
dan jasa diproduksi
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi
Mengidentifikasi sistem ekonomi
|
4
Jam
6
Jam
4
Jam
4
Jam
|
|
|
|
ü
ü
|
|
ü
ü
|
ü
|
|
ü
ü
|
ü
ü
|
ü
|
|
ü
|
|
ü
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
|
ü
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
|
Libur umum
|
|
Pesantren Kilat
|
|
Ulangan Semister
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
|
Libur Bulan Ramadhan
|
|
Pembagian Rapor
|
|
|
|
|
|
|
|
Libur Semister
|
ü
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Cadangan Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Mos
|
|
Remedial
|
|
|
Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN
1 Barebbo
Drs. H Muhammad
Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010
|
Guru Mengajar
Sanita Wahyuni S.Pd
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PENDIDIKAN ILMU PENGETAUAN SOSIAL
( IPS )
KELAS XII SEMESTER 1 GANJIL
SMK NEGERI 1 BAREBBO
STANDAR
ISI
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
NILAI KKM
|
||||
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar & Indikator
|
Kompleksitas
|
Sarana
Pendukung
|
Inteke
Siswa
|
||
1.
|
Memahami
kehidupan sosial manusia
|
1.1.
Menguraikan
proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
1.1.1
Mengidentifikasi
paham-paham yg melatarbelakangi munculnya pergerakan nasilonal
1.1.2
Mendeskripsikan
perkembangan beberapa gerakan nasional di Asia
1.1.3 Menjelaskan terbentuknya gerakan nasionalisme di
Indonesia
|
65
65
66
|
70
70
70
|
75
75
74
|
70
70
70
|
1.2. Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
1.2.1
Menjelaskan
pengertian kebutuhan
1.2.2
Menyebutkan
jenis-jenis kebutuhan
1.2.3
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
|
64
64
65
|
70
70
70
|
76
76
75
|
70
70
70
|
||
1.3 Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3.1
ketersediaan
barang dan jasa
1.3.2
Mengidentifikasi
kelangkaan sesuai faktor penyebabnya
|
65
65
|
70
70
|
75
75
|
70
70
|
||
1.4 Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang
dan jasa diproduksi
1.4.1
Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi
1.4.2
Mengidentifikasi
sistem ekonomi
|
64
65
|
70
70
|
76
75
|
70
70
|
Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKN 1 Barebbo
Drs. H Muhammad
Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010
|
Guru Mengajar
Sanita Wahyuni S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Barebbo
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi : 2. Memahami proses kebangkitan nasional.
Alokasi Waktu : 6 x 45
menit ( 3 x pertemuan )
A.
Kompetensi Dasar
2.1. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional,
identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan
kebangsaan Indonesia
B.
Indikator
Ø
Menjelaskan
faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor
internal maupun faktor eksternal
Ø
Menjelaskan
perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
Ø
Menjelaskan bentuk dan
strategi organisasi pergerakan di indonesia
Ø
Menjelaskan gagasan
persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan indonesia
C.
Materi Pelajaran
Ø
Faktor-faktor yang
melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal maupun
faktor eksternal
Ø
Perkembangan pendidikan
dan awal munculnya kesadaran nasional
Ø
Bentuk dan strategi
organisasi pergerakan di indonesia
Ø
Gagasan persatuan dan
kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan indonesia
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, Diharapkan siswa mampu :
Ø
Menjelaskan
faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor
internal maupun faktor eksternal
Ø
Menjelaskan
perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
Ø
Menjelaskan bentuk dan
strategi organisasi pergerakan di indonesia
Ø
Menjelaskan gagasan
persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan indonesia
E.
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ø Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Ø Tekun ( diligence
)
Ø Jujur ( fairnes
)
Ø Kewarganegaraan ( citizenship)
F.
Metode Pembalajaran
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelas
Ø Tanya jawab
Ø
Kerja mandiri
Ø
Informasi
G.
Sumber Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
Ø Internet
Ø Kamus ekonomi
Ø Artikel, gambar dari berbagai media massa
H. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I
1
Kegiatan
Pendahuluan
-
Sebagai apersepsi,
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian
kelas)
-
Memberikan
motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
pentingnya mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya
pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal
2
Kegiatan
Inti
:
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi
dan mengamati faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya
pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal
-
Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa
mengenai faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya
pergerakan nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal
-
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan faktor-faktor
yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal
maupun faktor eksternal
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-
Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu
menjelaskan menjelaskan faktor-faktor
yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional, baik faktor internal
maupun faktor eksternal
Pertemuan II
1.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Sebagai apersepsi,
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian
kelas)
-
Memberikan
motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
pentingnya mengetahui perkembangan pendidikan awal munculnya
kesadaran nasional
2.
Kegiatan
Inti
:
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi
dan bentuk perkembangan
pendidikan awal munculnya kesadaran nasional
-
Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa
mengenai bentuk perkembangan
pendidikan awal munculnya kesadaran nasional
-
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan bentuk perkembangan pendidikan awal
munculnya kesadaran nasional
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-
Memberikan
tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan bentuk perkembangan
pendidikan awal munculnya kesadaran nasional.
Pertemuan III
1.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Sebagai apersepsi,
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian
kelas)
-
Memberikan
motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
pentingnya mengetahui
bentuk strategi organisasi pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas
kebangsaan indonesia.
2.
Kegiatan
Inti
:
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi
dan bentuk strategi organisasi
pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas kebangsaan indonesia.
-
Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa
mengenai bentuk strategi organisasi
pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas kebangsaan indonesia.
-
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan bentuk strategi organisasi pergerakan persatuan
kesatuan nasional dan identitas kebangsaan indonesia.
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
-
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-
Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu
menjelaskan bentuk
strategi organisasi pergerakan persatuan kesatuan nasional dan identitas
kebangsaan indonesia.
I.
Penilaian Hasil Belajar
Ø Jenis dan
Bentuk Tes
1.
Tes Lisan
2.
Tes Tertulis
- Essay
E s s a y
1.
Uraikan faktor
eksternal (dari luar) yang mempengaruhi lahirnya pergerakan nasional!
2.
Jelaskan faktor
internal yang melatar belakangi munculnya pergerakan nasional?
3.
Jelaskan bentuk
strategi organisasi pergerakan di indonesia
4.
Sebutkan tokoh-tokoh
penghimpunan indonesia!
5.
Apakah yang dimaksud
dari organisasi pemuda trikoro dharmo?
Berikut ini format
penilaian
Indikator
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Alasan
Penilaian
|
|
Pengetahuan tentang topik yang
diangkat
|
|
|
|
|
Ada pendapat pribadi
yangdisertai dengan pembuktian melalui contoh kasus
|
|
|
|
|
Urutan gagasan dalam artikel
disajikan secaa teratur
|
|
|
|
|
Penggunaan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Keterangan
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 85
|
Baik
|
3
|
75 – 80
|
Cukup
|
2
|
65-70
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Diskusi Kelas
No
|
Elemen yang dinilai
|
Skor maksimal
|
Penilaian
|
|
Peserta didik
|
Pendidik
|
|||
1
|
Seluruh
perhatian diarahkan pada materi diskusi
|
20
|
|
|
2
|
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
|
20
|
|
|
3
|
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara
seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
|
20
|
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
|
20
|
|
|
5
|
Menghargai
saran dan pendapat sesamateman peserta diskusi
|
20
|
|
|
Sekor
|
100
|
|
|
x 100
Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMKN 1 Barebbo
Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010
|
Guru
Mengajar
Sanita Wahyuni S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Barebbo
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusaia , kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi Waktu : 6 x 45
menit (3 x pertemuan )
A.
Kompetensi Dasar
2.2
Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
B. Indikator
Ø Mendeskripsikan
pengertian kebutuhan
Ø Menjelaskan macam-macam
kebutuhan
Ø Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
C.
Materi Pelajaran
Ø Pengertian kebutuhan
Ø Macam-macam kebutuhan
Ø Faktor-faktor yang
mempengaruhi kebutuhan manusia
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, Diharapkan siswa mampu :
Ø Mendeskripsikan
pengertian kebutuhan
Ø Menjelaskan macam-macam
kebutuhan
Ø Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
E.
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ø Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Ø Tekun ( diligence
)
Ø Kerja
keras
Ø Kewarganegaraan ( citizenship )
F.
Metode Pembalajaran
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelas
Ø Tanya jawab
Ø
Kerja mandiri
Ø
Informasi
G.
Sumber Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
Ø Internet
Ø Kamus ekonomi
Ø Artikel, gambar dari berbagai media massa
H. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I
4
Kegiatan
Pendahuluan
-
Sebagai apersepsi,
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian
kelas)
-
Memberikan
motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang kebutuhan dan macam-macam kebutuhan
5
Kegiatan
Inti
:
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi
dan mengamati pengertian
kebutuhan dan macam-macam kebutuhan
-
Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa
mengenai kebutuhan dan macam-macam
kebutuhan
-
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan kebutuhan dan macam-macam kebutuhan
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
-
6
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-
Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu
menjelaskan kebutuhan
dan macam-macam kebutuhan
Pertemuan II
1.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Sebagai apersepsi,
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian
kelas)
-
Memberikan
motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
pentingnya faktor-faktor
yang mempengaruhi kebutuhan
2.
Kegiatan
Inti
:
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi
dan mengamati faktor-faktor
yang mempengaruhi kebutuhan
-
Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa
mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan
-
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-
Memberikan
tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan
H.
Penilaian Hasil Belajar
Ø Jenis dan
Bentuk Tes
3.
Tes Lisan
4.
Tes Tertulis
- Essay
E s s a y
1.
Jelaskan
pengertian kebutuhan?
2.
Mengapa
dalam kebutuhan manusia kita harus mendahulukan kontak primer?
3.
Jelaskan
faktor yang mempengaruhi kebutuhan
manusia ditinjau dari faktor pendidikan
4.
Berikan
contoh faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia dari segi pendapatan
5.
Jelaskan
macam-macam kebutuhan manusiaberdasarkan waktunya?
Berikut ini format
penilaian
Indikator
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Alasan
Penilaian
|
|
Pengetahuan tentang topik yang
diangkat
|
|
|
|
|
Ada pendapat pribadi
yangdisertai dengan pembuktian melalui contoh kasus
|
|
|
|
|
Urutan gagasan dalam artikel disajikan
secaa teratur
|
|
|
|
|
Penggunaan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Keterangan
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 85
|
Baik
|
3
|
75 – 80
|
Cukup
|
2
|
65-70
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Diskusi
Kelas
No
|
Elemen yang dinilai
|
Skor maksimal
|
Penilaian
|
|
Peserta didik
|
Pendidik
|
|||
1
|
Seluruh
perhatian diarahkan pada materi diskusi
|
20
|
|
|
2
|
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
|
20
|
|
|
3
|
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara
seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
|
20
|
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
|
20
|
|
|
5
|
Menghargai
saran dan pendapat sesamateman peserta diskusi
|
20
|
|
|
Sekor
|
100
|
|
|
x 100
Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMKN 1 Barebbo
Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010
|
Guru
Mengajar
Sanita Wahyuni S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Barebbo
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusaia , kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi Waktu : 5 x 45
menit ( 2 x pertemuan )
A.
Kompetensi Dasar
3.2
Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langkah dan kebutuhan
manusia yang tidak terbatas
B.
Indikator
Ø
Menganalisa
ketersediaan barang dan jasa
Ø
Mengidentifikasi
kelangkaan sesuai faktor penyebabnya
C.
Materi Pelajaran
Ø
Ketersediaan
barang dan jasa
Ø Kelangkaan
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, Diharapkan siswa mampu :
Ø
Menganalisa
ketersediaan barang dan jasa
Ø
Mengidentifikasi
kelangkaan sesuai faktor penyebabnya
E.
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ø Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Ø Tekun ( diligence
)
Ø Jujur ( fairnes
)
Ø Kewarganegaraan ( citizenship )
F.
Metode Pembalajaran
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelas
Ø Tanya jawab
Ø
Kerja mandiri
Ø
Informasi
G.
Sumber Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
Ø Internet
Ø Kamus ekonomi
Ø Artikel, gambar dari berbagai media massa
H. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I
7
Kegiatan
Pendahuluan
-
Sebagai apersepsi,
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian
kelas)
-
Memberikan
motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya mengetahui
ketersediaan barang dan jasa,
serta faktor penyebab kelangkaannya
8
Kegiatan
Inti
:
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi
dan mengamati ketersediaan
barang dan jasa, serta faktor penyebab kelangkaannya
-
Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa
mengenai ketersediaan
barang dan jasa, serta faktor penyebab kelangkaannya
-
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan ketersediaan barang dan jasa,
serta faktor penyebab kelangkaannya
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
9
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-
Memberikan
tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan mengetahui ketersediaan
barang dan jasa, serta faktor penyebab kelangkaannya
I.
Penilaian Hasil Belajar
Ø Jenis dan
Bentuk Tes
5.
Tes Lisan
6.
Tes Tertulis
- Essay
E s s a y
1.
Jelaskan
perbedaan antara barang produksi dan barang komsumsi
2.
Jelaskan
pengertian kelangkaan menurut ilmu konomi
3.
Sebutkan
faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan
Berikut ini format
penilaian
Indikator
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Alasan
Penilaian
|
|
Pengetahuan tentang topik yang
diangkat
|
|
|
|
|
Ada pendapat pribadi
yangdisertai dengan pembuktian melalui contoh kasus
|
|
|
|
|
Urutan gagasan dalam artikel
disajikan secaa teratur
|
|
|
|
|
Penggunaan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Keterangan
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 85
|
Baik
|
3
|
75 – 80
|
Cukup
|
2
|
65-70
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Diskusi
Kelas
No
|
Elemen yang dinilai
|
Skor maksimal
|
Penilaian
|
|
Peserta didik
|
Pendidik
|
|||
1
|
Seluruh
perhatian diarahkan pada materi diskusi
|
20
|
|
|
2
|
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
|
20
|
|
|
3
|
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara
seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
|
20
|
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
|
20
|
|
|
5
|
Menghargai
saran dan pendapat sesamateman peserta diskusi
|
20
|
|
|
Sekor
|
100
|
|
|
x 100
Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMKN 1 Barebbo
Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010
|
Guru
Mengajar
Sanita Wahyuni S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Barebbo
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
1. Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan
sistem ekonomi.
Alokasi Waktu : 5 x 45 menit (2 x pertemuan )
A.
Kompetensi Dasar
3.3.
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan
untuk siapa barang dan jasa diproduksi
B. Indikator
Ø
Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi
Ø Mengidentifikasi sistem ekonomi
C.
Materi Pelajaran
Ø Masalah
pokok ekonomi
Ø Sistem
ekonomi
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, Diharapkan siswa mampu :
Ø Secara
individu menggali informasi melalui studi pustaka dan mendiskusikan tentang
masalah pokok ekonomi
Ø Secara
berkelompok menggali informasi
dan mendiskusikan tentang sistem ekonomi
E.
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ø Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Ø Tekun ( diligence
)
Ø Jujur ( fairnes
)
Ø Kewarganegaraan ( citizenship )
F.
Metode Pembalajaran
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelas
Ø Tanya jawab
Ø
Kerja mandiri
Ø
Informasi
G.
Sumber Alat dan Bahan Pembelajaran
Ø Buku-buku ekonomi pegangan SMK/SMA
Ø Internet
Ø Kamus ekonomi
Ø Artikel, gambar dari berbagai media massa
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
10
Kegiatan
Pendahuluan
-
Sebagai apersepsi,
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian
kelas)
-
Memberikan
motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
pentingnya masalah pokok
ekonomi
11
Kegiatan
Inti
:
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi
dan mengamati masalah pokok
ekonomi
-
Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa
mengenai pengertian masalah
pokok ekonomi
-
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan masalah pokok ekonomi
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
12
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-
Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu
menjelaskan masalah pokok
ekonomi
Pertemuan II
1.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Sebagai apersepsi,
Guru mempersiapkan kelas
untuk pembelajaran (mengabsen, memeriksa kebersihan kelas dan dan kerapian
kelas)
-
Memberikan
motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
pentingnya sistem ekonomi
2.
Kegiatan
Inti
:
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi
dan mengamati sistem ekonomi
-
Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa
mengenai sistem ekonomi
-
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan sistem ekonomi
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
-
Memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
-
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
-
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
-
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
-
Memberikan
tugas induvidual agar siswa mampu menjelaskan sistem ekonomi
-
J.
Penilaian Hasil Belajar
Ø Jenis dan
Bentuk Tes
7.
Tes Lisan
8.
Tes Tertulis
- Essay
E s s a y
1.
Sebutkan
tiga ciri-ciri sistem ekonomi tradisional
2.
Jelaskan
masalah produksi dalam teori ekonomi aliran klasik
3.
Sebutkan
tiga ciri sistem ekonomi campuran
4.
Bagaimana
cara menyelesaikan masalah prekonomian mengenai apa yang harus di produksi
dalam sistem ekonomi sosialis
5.
Sebutkan
segi negatif sistem ekonomi terpusat
Berikut ini format
penilaian
Indikator
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Alasan
Penilaian
|
|
Pengetahuan tentang topik yang
diangkat
|
|
|
|
|
Ada pendapat pribadi
yangdisertai dengan pembuktian melalui contoh kasus
|
|
|
|
|
Urutan gagasan dalam artikel
disajikan secaa teratur
|
|
|
|
|
Penggunaan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Keterangan
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 85
|
Baik
|
3
|
75 – 80
|
Cukup
|
2
|
65-70
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Diskusi
Kelas
No
|
Elemen yang dinilai
|
Skor maksimal
|
Penilaian
|
|
Peserta didik
|
Pendidik
|
|||
1
|
Seluruh
perhatian diarahkan pada materi diskusi
|
20
|
|
|
2
|
Mengikuti kegiatan diskusi secara aktif
|
20
|
|
|
3
|
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara
seksama dan ada kaitannya dengan materi diskusi
|
20
|
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan
|
20
|
|
|
5
|
Menghargai
saran dan pendapat sesamateman peserta diskusi
|
20
|
|
|
Sekor
|
100
|
|
|
x 100
Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMKN 1 Barebbo
Drs. H Muhammad Darwis
Nip. 19590827 198703 1 010
|
Guru
Mengajar
Sanita Wahyuni S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar