SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK
NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran :
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester :
X / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami
kehidupan sosial manusia
Kompetensi
Dasar
|
NBKB
|
Materi pokok /
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tatap Muka (teori)
|
Praktik di Sekolah
|
Praktik di DU/DI
|
|||||||
1.1. Mengidentifikasi
interaksi sebagai proses sosial
|
·
Peduli lingkungan
·
Disiplin
|
· Definisi dan syarat interaksi sosial
· Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
|
· Menjelaskan pengertian dan syarat terjadinya interaksi
sosial
· Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi
sosial
|
· Secara individu menggali pengalaman tentang interaksi
sosial
· Secara berkelompok menyimpulkan defenisi interaksi
sosial
·
Secara
berkelompok mendiskusikan. Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· penugasan
|
6 Jam
|
Artikel, gambar, dari berbagai media massa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet.
|
||
1.2. Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
|
·
Jujur
·
Kerja keras
|
·
Pengertian sosialisasi
·
Peran nilai dan
norma dalam sosialisasi
·
Faktor yang
berpengaruh pada kepribadian
·
Agen-agen
sosialisasi
·
Sosialisasi dan
kepribadian
|
· Menjelaskan pengertian sosialisasi dan kepribadian
· Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam sosialisasi
· Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh pada
pembentukan kepribadian
· Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi
· Mendeskripsikan hubungan antara sosialisasi dan
kepribadian
|
· Secara individu menggali informasi melalui studi
pustaka tentang pengertian sosialisasi
· Secara kelompok mengkaji contoh peran nilai dan norma
terhadap kepribadian seseorang
· Secara berkelompok mendiskusikan faktor yang
berpengaruh pada kepribdian
· Secara berkelompok menggali informasi melalui media
massa tentang agen sosialisasi dan perannya dalam pembentukan kepribadian
· Secara individu menyimpulkan hubungan antara
sosialisasi dan kepribadian seseorang
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
·
penugasan
|
10 Jam
|
Artikel, gambar, dari berbagai media massa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet.
|
||
1.3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
|
·
Demokrasi
·
Bertanggung jawab
|
· Bentuk-bentuk interaksi sosial
|
·
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial dalam masyarakat sekitar
|
· Secara berkelompok menggali informasi dan contoh
tentang bentuk-bentuk interaksi yang terjadi dalam masyarakat
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Penugasan
|
2 Jam
|
Artikel, gambar, dari berbagai media massa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet
|
||
1.4. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan
imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah.
|
·
Disiplin
·
jujur
|
· Pengertian kolonialisme dan imperialisme
·
Latar belakang
kedatangan bangsa barat
·
Proses
masuknya bangsa barat
·
Dampak
kolonialisme barat bagi bangsa indonesia
|
· Menjelaskan pengertian kolonialisme dan imperialisme
barat
· Mendeskripsikan latar belakang kedatangan bangsa barat
· Mendeskripsikan proses masuknya pengaruh barat ke
Indonesia
· Menjelaskan dampak kolonialisme barat di Indonesia
|
· Secara
individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian dan
contoh kolonialisme dan imperialisme
· Secara berkelompok menggali informasi tentang latar
belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia
· Secara berkelompok mendiskusikan. proses masuknya
pengaruh barat ke Indonesia
· Secara berkelompok mendiskusikan. dampak masuknya
pengaruh barat di Indonesia
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· penugasan
|
8 Jam
|
Artikel, gambar, dari berbagai media massa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK
NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran :
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester :
X / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Memahami
kehidupan sosial manusia
Kompetensi
Dasar
|
NBKB
|
Materi pokok /
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tatap Muka (teori)
|
Praktik di Sekolah
|
Praktik di DU/DI
|
|||||||
2.1. Menguraikan proses terbentuknya kesadaran
nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan
Indonesia
|
·
Kerja keras
·
Mandiri
|
· Paham-paham besar dunia
· Gerakan kebangsaan di beberapa negara di Asia
· Nasionalisme di Indonesia
|
· Mengidentifikasi paham-paham yg melatarbelakangi
munculnya pergerakan nasilonal
· Mendeskripsikan perkembangan beberapa gerakan nasional
di Asia
· Menjelaskan terbentuknya gerakan nasionalisme di
Indonesia
|
· Secara berkelompok menggali informasi tentang
paham-paham yang berkembang pada masa pergerakan kebangsaan Indonesia
·
Secara kelompok menggali informasi dari berbagai sumber tentang sejarah
pergerakan kebangsaan di beberapa negara di Asia Tenggara
· Secara berkelompok mendiskusikan. sejarah perkembangan
gerakan nasionalisme di Indonesia
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· penugasan
|
6 Jam
|
IPS untuk SMK dan MAK
kelas X Alam S. (ERLANGGA)
Artikel, gambar, dari berbagai media massa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK
NEGERI 1 BAREBBO
Mata Pelajaran :
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester :
X / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan
kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi
Dasar
|
NBKB
|
Materi pokok /
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tatap Muka (teori)
|
Praktik di Sekolah
|
Praktik di DU/DI
|
|||||||
2.2. Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
|
·
Peduli
lingkungan
·
Disiplin
|
·
pengertian kebutuhan
· jenis-jenis kebutuhan
·
faktor yang mempengaruhi kebutuhan
|
·
Menjelaskan pengertian kebutuhan
·
Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
|
·
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang
pengertian kebutuhan
·
Secara individu mengidentifikasi jenis-jenis kebutuhan
beserta contohnya
·
Secara berkelompok mendiskusikan.
faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· penugasan
|
6 Jam
|
IPS untuk SMK dan MAK
kelas X Alam S. (ERLANGGA)
Artikel, gambar, dari berbagai media massa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet.
|
||
2.3. Mendeskripsikan berbagai
sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
·
Jujur
·
Kerja keras
|
·
ketersediaan barang dan jasa
·
kelangkaan
|
·
Menganalisa ketersediaan barang dan jasa
·
Mengidentifikasi kelangkaan sesuai faktor penyebabnya
|
·
Secara berkelompok mendiskusikan ketersediaan barang dan jasa
·
Secara individu mengidentifikasi faktor terjadinya kelangkaan barang dan
jasa
·
Secara berkelompok mendiskusikan dampak terjadinya kelangkaan barang dan
jasa
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
·
penugasan
|
5 Jam
|
IPS untuk SMK dan MAK
kelas X Alam S. (ERLANGGA)
Artikel, gambar, dari berbagai media massa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet.
|
||
2.4. Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu
tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
|
·
Demokrasi
·
Bertanggung
jawab
|
·
Masalah pokok ekonomi
·
Sistem ekonomi
|
·
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi
·
Mengidentifikasi sistem ekonomi
|
·
Secara berkelompok menggali informasi melalui berbagai media tentang
masalah pokok ekonomi
·
Secara kelompok menggali informasi
tentang berbagai sistem ekonomi di dunia melalui studi pustaka
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Penugasan
|
5 Jam
|
IPS untuk SMK dan MAK
kelas X Alam S. (ERLANGGA)
Artikel, gambar, dari berbagai media massa
Kamus Sosiologi
Koran, majalah, TV, internet
|
Barebbo, 06 Januari 2014
Mengetahui,
Kepala SMK
Negeri 1 Barebbo
Drs. H
Muhammad Darwis
NIP
19590827 198703 1 010
|
Guru Mata Pelajaran
Sanita
Wahyuni S.Pd
|
http://smkn1barebbo.hol.es.
BalasHapussilahkan update di sini. boleh measuukan modul dan pembelajarannya